tag:blogger.com,1999:blog-6843719307089968214.post6762043453052100895..comments2023-04-29T16:27:03.032-07:00Comments on KAJIAN ISLAMI: Peringatan Maulid Nabi s.a.w. dan Bid'ahahmad hukmihttp://www.blogger.com/profile/15276456331929255109noreply@blogger.comBlogger4125tag:blogger.com,1999:blog-6843719307089968214.post-29272696574363372662013-11-30T22:06:50.799-08:002013-11-30T22:06:50.799-08:00belajarlah kepada guru yang tidak keras hati.... d...belajarlah kepada guru yang tidak keras hati.... dan tidak suka mengolok2 kelompok lain apalagi menyesatkannya.... <br />ikuti saja 4 mazhab itu krn kebenaran ada pada mayoritas ulamaahmad hukmihttps://www.blogger.com/profile/15276456331929255109noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6843719307089968214.post-41283758969026674202012-08-23T17:23:58.737-07:002012-08-23T17:23:58.737-07:00Hadits tentang diringankannya siksa Abu Lahab ini ...Hadits tentang diringankannya siksa Abu Lahab ini telah dikaji oleh para ulama dari zaman ke zaman. Akan tetapi tidak ada seorangpun di antara mereka yang menjadikannya sebagai dalil disyari’atkannya perayaan maulid.<br />Ini adalah hadits mursal sebagaimana yang dikatakan oleh Al-Hafizh dalamAl-Fath (9/49) karena ‘Urwah tidak menyebutkan dari siapa dia mendengar kisah ini. Sedangkan hadits mursal adalah termasuk golongan hadits-haditsdho’if (lemah) yang tidak bisa dipakai berdalil.<br />Anggaplah hadits ini shohih maushul (bersambung), maka yang tersebut dalam kisah ini hanyalah mimpi. Sedangkan mimpi -selain mimpinya para Nabi- bukanlah wahyu yang bisa diterima sebagai hujjah. Bahkan disebutkan oleh sebagian ahlil ilmi bahwa yang bermimpi di sini adalah Al-‘Abbas bin ‘Abdil Muththolib dan mimpi ini terjadi sebelum beliau masuk Islam.<br />Apa yang dinukil oleh As-Suyuthy dari Ibnul Jauzy di atas bahwa Abu Lahab memerdekakan Tsuwaibah karena memberitakan kelahiran Nabi -Shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam- dan karena dia menyusui Nabi -Shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam- adalah menyelisihi apa yang telah tetap di kalangan para ulama siroh (sejarah). Karena dalam buku-buku siroh ditegaskan bahwa Abu Lahab memerdekakan Tsuwaibah jauh setelah Tsuwaibah menyusui NabiShollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam.<br />Al-Hafizh Ibnu ‘Abdil Barr -rahimahullah- berkata dalam Al-Isti’ab (1/12) ketika beliau membawakan biografi Nabi -Shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam-. Setelah menyebutkan kisah menyusuinya Nabi -Shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam- kepada Tsuwaibah, beliau menyatakan, “… dan Abu Lahab memerdekakannya setelah Nabi -Shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam- berhijrah ke Madinah”.<br /><br />Lihat juga Ath-Thobaqot karya Muhammad bin Sa’ad bin Mani` Az-Zuhry -rahimahullah- (1/108-109), Al-Fath (9/48), dan Al-Ishobah (4/250)Anonymousnoreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6843719307089968214.post-19753472714200600602011-06-08T22:25:41.550-07:002011-06-08T22:25:41.550-07:00terimakasih telah berkunjung di blog sy yg sederha...terimakasih telah berkunjung di blog sy yg sederhana ini ^_^<br />ya biasalah klo mendengar bid'ah mreka seperti kebakaran jenggot padahal bid'ah itu banyak macamnya, Abubakar shiddiq ra dimasa kekhalifahannya memerintahkan pengumpulan Alqur’an, lalu kemudian Umar bin Khattab ra pula dimasa kekhalifahannya memerintahkan tarawih berjamaah dan seraya berkata : “Inilah sebaik-baik Bid’ah!”(Shahih Bukhari hadits no.1906) lalu pula selesai penulisan Alqur’an dimasa Khalifah Utsman bin Affan ra hingga Alqur’an kini dikenal dengan nama Mushaf Utsmaniy, dan Ali bin Abi Thalib kw menghadiri dan menyetujui hal itu.ahmad hukmihttps://www.blogger.com/profile/15276456331929255109noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-6843719307089968214.post-74308199060308307962011-05-17T10:31:31.556-07:002011-05-17T10:31:31.556-07:00Sependapat akh, ini masalah khilafiah:). Tidak sep...Sependapat akh, ini masalah khilafiah:). Tidak sepantasnmya menjadi pemecah belah umat<br /><br />Wallahu ta'ala a'lamAfif Fatkhurrohmanhttp://cintatakutdanharap.blogspot.com/noreply@blogger.com